Berkaitan kapan ‘Aqiqah dilaksanakan, Rasulullah saw bersabda, “Seorang anak sampai dia Di’Aqiqahi,(ialah) yg disembelih terhadap hari ketujuh berasal dari kelahirannya anddikasih nama terhadapketika itu’?.Hadits ini menerangkan terhadap kami bahwa ‘Aqiqah meraih ke sunnahan seumpama disembelih kepadahri ketujuh. Sayyidah Aisyah ra and Imam Ahmad berpendapat bahwa ‘Aqiqah mampu disembelih kepadahri ketujuh, atau hari keempat belas maupun hari keduapuluh satu. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa sembelihan ‘Aqiqah terhadaphri ketujuh cuma semata mata sunnah, seumpama ‘Aqiqah disembelih kepadahri keempat, atau kedelapan maupun kesepuluh maupun setelahnya sehingga faktor itu dibolehkan.

Menurut hemat penulis, apabilasatu orang ayah bisautk menyembelih ‘Aqiqah kepadahri ketujuh, agar sebaiknya beliau menyembelihnya terhadap hari tersebut. Tapi, apabila beliau tak bisa terhadap hari tersebut, agar boleh baginya membuat menyembelihnya https://nur-aqiqah.com/ terhadap diwaktu kapan saja.‘Aqiqah anak priatidak serupabersama ‘Aqiqah anak wanita.Ini yakni opini mayoritas ulama, serasi Hadits yg sudah kami sampaikan di atas.Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa ‘Aqiqah anak cowok sama dgn ‘Aqiqah anak wanita, adalah samasama 1 ekor kambing.Opini ini berdasarkan riwayat bahwa Rasulullah saw Meng’Aqiqah i Sayyidina Hasan dgn 1 ekor kambing, and Sayyidina Husein ‘“keduanya yaitu cucu dia saw’” dgn 1 ekor kambing.Dapat disimpulkan bahwa orang yang dapat menyembelih 2 ekor kambing untuk aqiqah anaknya harus melakukannya, tetapi jika tidak bisa, maka 1 ekor kambing dapat dikorbankan untuk aqiqah anaknya dan mereka mendapatkan pahala.

Anak laki-laki dan perempuan, agar kita dapat menjawab bahwa seorang muslim menundukkan segala sesuatunya atas perintah Allah, meskipun ia tidak melihat hikmah untuk dapat memerintahkannya karena akal manusia terbatas. Wallahu A’lam.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyembelihan ‘Aqiqah, di antaranya lebih baik tidak mematahkan tulang ‘Aqiqah, beserta hikmah ta’anya. fa ‘™ ul (harapan) untuk keselamatan tubuh anak dan bagian tubuh.’ Aqiqah sah jika memenuhi syarat-syarat seperti syarat hewan yang disembelih, yaitu. H. tidak cacat dan telah mencapai usia yang disyaratkan, sebagaimana dijelaskan dalam definisi berikut di atas, bahwa “Aqiqah harus menyembelih kambing sebelum hari ketujuh setelah kelahiran”. seorang anak, serta rasa syukur kepada Allah.

Namun diperbolehkan memperdagangkan kambing dengan unta atau sapi, dengan syarat unta atau sapi dan berikut ini hanya untuk satu anak, tidak diperbolehkan sebagai kurban, yaitu untuk 7 orang. Namun sebagian ulama meyakini bahwa ‘Aqiqah hanya bisa dengan kambing jika dalilnya berasal dari Rasulullah.Ada perbedaan lain antara ‘aqiqah dengan qurban, kecuali daging qurban dibagikan mentah, tetapi ‘aqiqah dibagikan saat dimasak. Kami akan membawa hikmah syariat ‘Aqiqah.

Pada walimah sebagai tanda syukur kepada Allah swt. Seiring dengan ‘Aqiqah y, itu berarti melonggarkan ikatan yang mencegah seorang anak dari melakukan syafaat tambahan kepada orang tuanya. Dan lebih dari itu, ‘Aqiqah menggerakkan simbol-simbol Islam. aqiqahi bayi dengan menyebutkan namanya dan nama ayahnya. Bumbu masakannya dipermanis, tujuannya agar nanti karakternya lebih manis, selain itu kesukaan Nabi adalah manis dan madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *