Saat ini, daur ulang barang elektronik telah menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat. Daur ulang elektronik adalah proses menyimpan bagian kerja perangkat elektronik yang kompleks untuk penggunaan lain, sambil menghancurkan bagian yang sudah usang. Proses ini sangat mengurangi limbah elektronik dan membantu mencegah ancaman lingkungan.

Jika perangkat elektronik dibuang seperti sampah biasa, lebih dari sekadar sampah, dapat menimbulkan efek berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan https://swissbaru.com manusia. Baca terus untuk memulai daur ulang limbah elektronik yang tepat.

Memulai daur ulang limbah elektronik

Setelah jangka waktu tertentu, setiap perangkat elektronik menjadi usang dan siap untuk didaur ulang. Proses daur ulang e-waste lebih kompleks daripada plastik atau daur ulang sampah umum lainnya. Pekerjaan proses daur ulang limbah elektronik mungkin melibatkan pengumpulan limbah elektronik, memilah dan membongkarnya, dan mengidentifikasi bagian-bagian yang dapat digunakan kembali di mesin lain.

Misalnya, jika Anda memiliki CPU yang tidak berfungsi, banyak bagian berharganya dapat digunakan sebagai pengganti di mesin lain. Pekerjaan mengisolasi bagian-bagian limbah elektronik sendiri tidak disarankan, karena beberapa bagian elektronik memerlukan penanganan khusus, untuk mencegah kemungkinan kecelakaan seperti keracunan.

Memilih Perusahaan Daur Ulang

Dengan pengenalan cepat berbagai jenis produk digital setiap nanodetik, Anda dapat melihat banyak perusahaan daur ulang bermunculan di seluruh dunia. Sebelum memilih perusahaan, Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar mematuhi kepatuhan lingkungan. Selain itu, perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO dari badan pengatur adalah pilihan terbaik untuk dipilih.

Pembuangan yang tepat dari barang-barang yang tidak dapat digunakan

Perusahaan daur ulang dapat mendaur ulang perangkat elektronik lebih dari 90 persen. Sekarang pertanyaannya adalah “apa yang harus dilakukan dengan 10 persen sisanya?”

Bagian yang tersisa setelah didaur ulang tidak boleh dibuang di tempat pembuangan sampah, karena berbahaya bagi alam dan kehidupan manusia. Sebagai contoh, banyak perangkat elektronik yang mengandung merkuri yang sifatnya sangat beracun dan dapat mengancam kehidupan.

Meskipun merkuri digunakan dalam banyak hal, pembuangan yang tidak tepat dapat merusak lingkungan kita. Anda harus menghindari membuang sampah di tempat pembuangan sampah untuk mengurangi karbon dioksida di udara. Oleh karena itu, Anda perlu tindakan yang tepat saat membuang sisa bagian.

Saat ini, lebih dari 70% dari total limbah yang dihasilkan setiap hari adalah limbah elektronik, yang dibuang ke tempat pembuangan. Oleh karena itu, pekerjaan meminimalkan limbah elektronik dan mencegah lingkungan sangat dicapai dengan mempekerjakan perusahaan daur ulang elektronik yang baik. Dengan sejumlah besar layanan daur ulang canggih, perusahaan-perusahaan ini dapat memberikan kehidupan yang aman serta menghemat sumber daya alam kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *