Guru pemula dan beberapa rekan mereka yang lebih tua yang seharusnya tahu lebih baik, kadang-kadang tergoda untuk menulis laporan tentang siswa yang sulit atau kurang berprestasi yang berisi sarkasme, negatif, atau komentar tidak pantas lainnya.

Mereka tampaknya lupa bahwa rapor siswa adalah dokumen yang disimpan oleh siswa seumur hidup dan tersedia bagi otoritas sekolah, kepala sekolah, dan calon pemberi kerja.

Laporan hanya boleh berisi komentar yang terkait dengan tujuan. Dimana nilai atau komentar dapat dibenarkan dalam kaitannya dengan tes standar atau serangkaian kriteria, maka itu tepat. Dimana komentar didasarkan pada penilaian subjektif tidak.

Terlalu banyak guru yang berperan sebagai psikolog amatir dan melabeli siswa, membuat penilaian prediktif atau mengaitkan ciri atau kondisi kepribadian tertentu dengan sedikit mempertimbangkan diagnosis profesional atau bukti klinis.

Memberi label seseorang sebagai ‘pembuat onar’ atau ‘tidak dapat dipercaya’ dapat meredakan kemarahan guru ketika dihadapkan dengan siswa yang kurang ideal, tetapi itu bukanlah hal yang harus ditulis di rapor siswa, tersedia untuk umum bagi siapa saja.

Guru juga harus berhati-hati dengan apa yang mereka katakan tentang potensi siswa mengingat waktu litigasi di mana kita hidup. Memberi label Sally sebagai siswa ‘lurus A’ di masa depan tidak akan duduk dengan baik ketika dia kuliah dan berjuang dengan kursus yang tidak cocok untuknya.

Demikian pula atas dasar apa seorang guru di sekolah dasar harus berusaha mengkategorikan anak kecil sebagai ‘apa saja’. Mengingat bahwa seorang anak sedang dalam proses belajar dan bukan produk jadi, kami sangat disarankan untuk menahan penilaian apa pun.

Kita semua telah melihat laporan yang melabeli anak-anak dengan berbagai cara yang mengatakan lebih banyak tentang apa yang kurang pada guru daripada anak.

Jika Anda melihat ‘John perlu mengembangkan rasa tanggung jawab yang lebih besar’, Anda mungkin bertanya, apa yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kekurangan ini.

Jangan pernah dilupakan bahwa kata-kata dan frasa yang digunakan dapat memiliki dampak yang signifikan pada anak, dan pada keluarga. Tujuan dari cetak map raport tidak hanya untuk mencerahkan orang tua dan siswa tentang kemajuan siswa di sekolah. Raport juga dapat menunjukkan kepada orang tua di mana letak ruang untuk perbaikan, selama rapor terus berputar positif bahkan selama situasi negatif.

Alih-alih berfokus pada aspek negatif dari nilai yang gagal misalnya, instruktur yang efektif akan mengubah kinerja yang buruk menjadi peluang untuk pembelajaran dan pertumbuhan tambahan.

Guru harus membuat poin untuk menghindari frase menghakimi atau negatif yang kata-katanya kuat, selain menggambarkan kelemahan. Bahkan ketika ada kebutuhan untuk menggambarkan kelemahan tertentu, ada cara untuk menciptakan putaran positif dengan mengubah apa yang kurang dari siswa menjadi apa yang siswa hanya membutuhkan bantuan.

Pelaporan yang tercerahkan memastikan bahwa struktur dan isi laporan dipilih dengan cermat untuk memasukkan tingkat pencapaian anak terhadap kriteria standar dan harapan untuk tahap tahun ini, seringkali dalam bentuk grafik. Komentar tertulis kemudian menjelaskan secara positif, apa yang telah dicapai siswa, area untuk peningkatan lebih lanjut, apa yang akan dilakukan sekolah untuk membantu dan apa yang dapat dilakukan orang tua untuk mendukung kemajuan anak.

Ada juga bagian pada laporan di mana siswa dapat menulis komentar dan ruang bagi orang tua untuk berkomunikasi dengan guru.

Sebagai layanan tambahan, orang tua dapat meminta sekolah untuk memberikan informasi tertulis yang secara jelas menunjukkan prestasi anak mereka dalam mata pelajaran yang dipelajari dibandingkan dengan anak-anak lain dalam kelompok sebaya anak di sekolah.

Di mana standar pelaporan tersebut diadopsi, harus ada pelatihan in-service untuk guru, komunikasi dengan orang tua dan tinjauan berkelanjutan untuk memastikan bahwa manfaat yang dirasakan direalisasikan untuk semua pemangku kepentingan, terutama anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *