Kita semua tahu tentang Amazon. Ini adalah salah satu toko online terbesar di dunia. Nama lain dalam kategori toko online adalah Alibaba , milik orang Cina, Jack Ma. Sebagian besar waktu kita melihat dua nama ini di hasil pencarian ketika kita mencari produk konsumen di internet. Lewatlah sudah hari-hari ketika kita harus pergi berbelanja. Sekarang hampir semua jenis produk konsumen tersedia secara online, itu juga di tingkat global. Orang-orang dapat memiliki barang-barang yang dibutuhkan sambil duduk di rumah atau kantor.

Konsep toko online dimulai dari Barat dan sekarang menjadi tren yang berkembang di negara-negara Asia. Melihat popularitas mereka, banyak merek, dan bisnis online. Semua nama perusahaan besar memiliki kehadiran online sekarang. Media sosial telah memainkan peran besar di dalamnya. Merek dan individu memiliki toko online juga. Individu bersama dengan tim atau keluarga mereka juga cenderung membuka toko online dengan berbagai macam produk. Ini termasuk buku dan majalah, garmen, furnitur, kosmetik dan tas tangan, produk dan obat-obatan herbal, bahan bangunan, elektronik, dan perhiasan, dll. Satu-satunya tujuan membuka toko online adalah untuk memperluas jangkauan dan memanfaatkan potensi secara maksimal. pelanggan. Sebuah toko online dapat memberi kita keuntungan besar sebagai bisnis jangka panjang bahkan jika itu dimulai dalam skala kecil atau menengah.

Mari kita lihat bagaimana toko online berbeda dari toko fisik dan manfaat apa yang ada untuk Anda yang tidak tersedia sebaliknya.

Tidak ada persyaratan ruang fisik:
Kehadiran Anda akan berbasis web sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang menyewa atau membeli ruang fisik, membeli barang atau barang kiriman dalam jumlah besar/besar sekaligus, dan penyimpanannya. Namun, Anda harus membayar untuk nama domain dan biaya yang relevan.

Tidak ada kerepotan perantara:
Anda dapat mengambil barang/barang langsung dari pabrik atau produsen dan mengirimkannya ke pelanggan dengan harga eceran. Rasio keuntungan Anda juga akan tinggi karena tidak ada perantara. Tip yang sangat berguna untuk industri kecil menengah dan kerajinan rumah tangga adalah mereka dapat menjangkau calon pelanggan dan mendapatkan pesanan secara langsung. Tetapi untuk ini, mereka harus mengeluarkan biaya yang wajar untuk iklan.

Bekerja sesuai kapasitas dan sumber daya:
Apakah Anda mengelola toko sendiri atau ada tim atau keluarga yang membantu Anda? Buatlah rencana kerja yang sesuai. Jika Anda adalah manajer tunggal, Anda dapat melakukannya sebagai paruh waktu bersama dengan pekerjaan Anda. Anda dapat mengembangkannya sesuai dengan sumber daya yang tersedia dan ketika itu mulai memberi Anda penghasilan bulanan atau tahunan yang wajar, Anda dapat berhenti dari pekerjaan Anda atau pekerjaan lain.

Kelola saat bepergian:
Anda dapat mengelola toko online saat bepergian dengan bantuan tab, laptop, atau ponsel pintar. Tidak ada kerumitan terikat untuk duduk di suatu tempat.

Manfaat jangka panjang dan investasi yang aman:
Anda berinvestasi dalam jumlah kecil atau wajar sesuai dengan keadaan di toko online pada awalnya. Jadi, investasinya lebih aman daripada bisnis lain. Pertama, lambat tetapi dengan berlalunya waktu, ia mulai mendapatkan pelanggan dan manfaat besar. Ini akan mengambil manfaat jangka panjang jika Anda terus bekerja ‘lambat dan mantap’.

Distribusi pekerjaan berdasarkan produk:
Jika tim atau keluarga membantu Anda dalam mengelola dan memelihara toko online, Anda dapat mendistribusikan pekerjaan berdasarkan produk. Seperti, perempuan bisa menangani kosmetik, tas tangan, pakaian wanita dll, sedangkan laki-laki bisa mengurus barang-barang teknis dan elektronik. Pembagian kerja ini bisa mempermudah.

Sekarang lihat beberapa persyaratan juga untuk mempertahankan toko online yang bagus dan menuai keuntungan.

Desain yang menarik perhatian dan ramah pengguna:
Pekerjakan desainer dan ahli inventaris untuk mendesain toko yang sudah berpengalaman di bidang ini. Untuk beberapa jenis barang di toko, Anda harus membuat bagian. Tautan, tombol untuk navigasi yang mudah, pemesanan dan keranjang, pendaftaran buletin, dan hal-hal lain yang diperlukan harus ada di sana. Terus meninjau desain setiap dua tahun atau lebih.

Iklan dan kehadiran media sosial:
Kita semua menggunakan media sosial akhir-akhir ini, jadi ini adalah cara yang bagus untuk mengejar ketinggalan dengan pelanggan dan pasar. Buat halaman/profil media sosial Toko Whatsapp online Anda dan produk yang tersedia, dan iklankan dengan benar kepada audiens tertentu.

Produk dan layanan pelanggan berkualitas tinggi:
Jangan berkompromi dengan kualitas dan layanan pelanggan! Terkadang, pelanggan mengeluh bahwa mereka mendapatkan barang yang berbeda dari yang mereka pesan atau pilih. Ini memberi kesan buruk pada pelanggan dan reputasi toko online menderita. Berikan pelanggan apa yang Anda klaim untuk diberikan. Hanya layanan pelanggan yang baik yang dapat memberi Anda nama yang bagus. Semakin baik layanan pelanggan, semakin positif hasilnya.

Respon dan pengiriman tepat waktu:
Periksa pesanan secara teratur dan kirimkan barang tepat waktu. Tetapkan periode tertentu untuk pengiriman seperti 24 jam untuk pesanan lokal dan 48 atau 72 jam untuk luar kota dan tempat jauh. Keterlambatan dalam tanggapan dan pengiriman akan merusak bisnis dan reputasi Anda. Atur juga obrolan langsung dengan pelanggan.

Deskripsi produk dan biaya ditentukan dengan jelas:
Tentukan biaya termasuk harga produk dan biaya pengiriman dengan jelas pada setiap produk. Tidak boleh ada kebingungan antara harga yang disebutkan secara online dan harga yang diminta pada saat pengiriman atau pembelian.

Pengeluaran yang bijaksana:
Sewalah konsultan keuangan yang dapat memandu Anda tentang cara membelanjakan uang dan hal-hal apa. Melakukan penelitian dan studi tentang operasi dan menjalankan toko online. Konsultan keuangan Anda harus berpengetahuan luas dan ahli dalam manajemen toko online serta inventaris.

Ruang penyimpanan untuk perluasan:
Jika dan ketika Anda membutuhkan ruang baru untuk penyimpanan, Anda harus mengaturnya sesegera mungkin. Internet adalah sumber terbesar untuk memiliki pengetahuan tentang manajemen toko online, inventaris, dan penyimpanan. Pelajari cara kerjanya. Anda mungkin perlu melakukan hal-hal seperti itu di masa depan untuk toko Anda sendiri. Awasi semua yang terjadi dan bersiaplah untuk bertindak sesuai dengan situasi baru.

Kerja keras untuk reputasi:
Anda harus meluangkan banyak waktu untuk membuat toko online Anda sukses. Pertama, Anda mungkin tidak perlu memberikan waktu berjam-jam tetapi begitu toko Anda mulai berjalan dengan sukses, Anda harus memberikan perhatian penuh dan penuh waktu untuk itu.

Dengan dedikasi dan kerja keras, Anda pasti akan mendapatkan hasil dari usaha Anda.

Baca juga: Pemkab Sragen Terima Bantuan Ambulance berasal dari DPC PDIP Kabupaten Sragen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *